Minggu, 13 Maret 2016

Tulisan 2 (Tugas Softskill Bahasa Indonesia 2)

Artikel Persuasi

Artikel Persuasi Cara mudah membuat Penulisan Ilmiah dengan senang hati.
Bisakah Penulisan Ilmiah menjadi teman baik bagi mahasiswa? Jelas bisa! Hanya saja tergantung niat dan pandangan kita terhadap Penulisan Ilmiah.

Bila kita niat untuk membuat Penulisan Ilmiah kita akan merasakan keinginan untuk mencari tahu apa itu Penulisan Ilmiah dan mencari tahu apa saja langkah-langkah untuk membuat Penulisan Ilmiah.

Bila kita memandang bahwa Penulisan Ilmiah adalah hal yang mudah. Kita akan dengan senang hati membuat Penulisan Ilmiah.  Sedangkan bila kita memandangnya bahwa Penulisan Ilmiah adalah hal yang sulit dan menyebalkan, maka kita akan merasa terbebani oleh Penulisan Ilmiah.

Begitu juga saya, saya membuat Penulisan Ilmiah untuk menyelesaikan 1 mata kuliah yang memiliki 3 SKS disemester 5. Saya membuatnya dengan senang hati dan rasa tersebut yang mendorong saya ingin menyelesaikannya dengan tepat pada waktunya.

Berikut adalah langkah-langkah saya dalam Penulisan Ilmiah:
1.      Saya mencari tahu apa itu Penulisan Ilmiah dengan cara membaca jurnal Penulisan Ilmiah di internet dan membaca Penulisan Ilmiah yang ada di perpustakaan kampus.
2.      Saya bimbingan dengan dosen pembimbing saya yang akan memberikan pengarahan dalam menentukan tema penulisan.
3.      Saya memilih topik yang menurut saya menarik, mudah didapatkan informasinya dan mencari fenomena yang ingin diangkat dalam melakukan penelitian.
4.      Saya mendatangi langsung kepada objek yang telah saya pilih dan memohon izin untuk melakukan penelitian.
5.      Setelah itu, saya memulai untuk membuat BAB per BAB dalam pertemuan bimbingan dengan dosen pembimbing. Dari BAB 1 sampai BAB 3 Alhamdulillah saya langsung mendapatkan Acc dari dosen pembimbing untuk melanjutkan BAB selanjutnya, namun disaat saya mengajukan BAB 4 dan BAB 5, saya ada sedikit kesalahan dalam perhitungannya. Semenjak itu saya semakin lebih semangat dalam mengerjakan Penulisan Ilmiah dan lebih banyak membaca, belajar dan teliti dalam menghiung data.
6.      Saya melakukan perbaikan yang telah dituliskan oleh dosen pembimbing, tanpa waktu lama saya langsung melakukan bimbingan kembali dan Alhamdulillah BAB 4 dan BAB 5 di Acc oleh dosen pembimbing .
7.      Saya kembali lagi untuk mendapatkan surat Acc dan nilai dari dosen pembimbing yang merupakan salah satu syarat untuk daftar sidang.
8.      Setelah selesai semua urusan dalam proses penulisan, saya daftar sidang untuk mempertanggung jawabkan hasil Penulisan Ilmiah yang telah saya buat.
9.      Pada akhirnya Alhamdulillah saya dapat menyampaikan hasil penelitian saya dengan baik di depan dosen penguji saat melakukan sidang Penulisan Ilmiah
10.  Saya memperbaiki yang masih salah menurut dosen penguji, dengan segera saya melakukan revisi untuk lanjut menyelesaikan pengurusan Penulisan Ilmiah hingga selesai.

Dalam Penulisan Ilmiah ini saya sangat percaya dengan istilah “Man Jadda Wajada” yaitu “Barangsiapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil” tidak ada hal yang sulit jika kita mau berusaha dengan kerja keras.

Begitu juga untuk adik-adik kelas. Bila ingin menyelesaikan Penulisan Ilmiah dengan tepat waktu maka harus mengerjakannya dengan bersungguh-sungguh dan dengan senang hati.

Membuat Penulisan Ilmiah itu menarik, dan cukup menyenangkan karena kita akan tahu bahwa ilmu yang kita pelajari diperkuliahan dapat di terapkan dalam melakukan penelitian. Dalam Penulisan Ilmiah ini kita menjadi lebih berfikir secara ilmiah berdasarkan ilmu yang telah kita pelajari diperkuliahan. Dan pada akhirnya bila kita dapat mempertanggungjawabkan penelitian kita saat sidang Penulisan Ilmiah, itu merupakan hal yang sangat membanggakan untuk diri sendiri, kita akan merasa bahwa ilmu yang telah kita dapatkan saat perkuliahan dan penelitian yang telah kita lakukan itu tidak sia-sia.

Tips untuk adik-adik kelas yang akan menghadapi Penulisan Ilmiah, jangan memandang bahwa Penulisan Ilmiah itu suatu hal yang sulit dan menyebalkan tetapi hadapilah dengan usaha dan harapan. Karena hasil tidak akan pernah menghianati sebuah usaha, jadi tetap berusahalah dan jangan pernah menyerah.

Ayo adik-adik kelas jangan malas untuk menbuat Penulisan Ilmiah. Lakukanlah penelitian dengan senang hati. Semua akan indah pada waktunya, lulus kuliah tepat waktu dan tidak ada halangan pasti harapan kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar