Mata Kuliah : Etika
Bisnis
Sub Pokok : Kode
Etik
Telkomsel
Diduga Manipulasi dalam Iklan Talkmania
Medan, 3/2– Telkomsel diduga
melakukan manipulasi dalam program “Talkmania” dengan tetap menarik pulsa
pelanggan meski keutamaan dalam program itu tidak diberikan. Salah seorang
warga Kota Medan, Mulyadi (37) di Medan, Selasa, mengatakan, dalam iklannya,
Telkomsel menjanjikan gratis menelepon ke sesama produk operator selular itu
selama 5.400 detik (90 menit -red). Untuk mendapatkan layanan itu, pulsa
pelanggan akan dikurangi Rp3 ribu setelah mendaftar melalui SMS “TM ON” yang
dikirim ke nomor 8999 terlebih dulu.Namun, pelanggan sering merasa kecewa
karena layanan itu selalu gagal dan hanya dijawab dengan pernyataan maaf
disebabkan sistem di operator selular tersebut sedang sibuk serta disuruh
mencoba lagi.Tapipulsa pelanggan tetap dikurangi, dan apabila terus dicoba
tetap juga gagal, sedangkan pulsa terus dikurangi, katanya.
Warga Kota Medan yang lain, Ulung (34) mengatakan, penggunaan layanan Talkmania yang diiklankan Telkomsel itu seperti “berjudi”. “Kadang-kadang berhasil, kadang-kadang gagal, namun pulsa tetap ditarik,” katanya. Direktur Lembaga Advokasi dan Perlindungan Konsumen (LAPK), Farid Wajdi, SH, MHum mengatakan, layanan iklan Telkomsel itu dapat dianggap manipulasi karena terjadinya “misleading” atau perbedaan antara realisasi dengan janji.
Pihaknya siap memfasilitasi dan melakukan pendampingan jika ada warga yang merasa dirugikan dan akan menggugat permasalahan itu secara hukum.Secara sekilas, kata Farid, permasalahan itu terlihat ringan karena hanya mengurangi pulsa telepon selular masyarakat sebesar Rp3 ribu.Namun jika kejadian itu dialami satu juta warga saja dari sekian puluh juta pelanggan Telkomsel, maka terdapat dana Rp3 miliar yang didapatkan operator selular itu dari praktik manipulasi iklan tersebut.
Alternatif
1.
Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) dan
Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) perlu turun tangan menangani hal
itu agar masyarakat tidak terus dirugikan. Apabila ditemukan bukti adanya praktik
manipulasi itu, diharapkan Depkominfo dan BRTI menjatuhkan sanksi yang tegas
agar perbuatan itu tidak terjadi lagi.
2.
Humas Telkomsel Medan, seharusnya melakukan pengecekan
terhadap nomor pelanggan yang merasa dirugikan dalam layanan Talkmania tersebut
dan mengembalikan kembali pulsa nomor-nomor (handpone) yang gagal dalam
mendapatkan paket TM ON yang benar.
Solusi
Dari
kedua alternatif tersebut saya memilih alternatif 1 karena bagi setiap
perusahaan yang menjalankana suatu usaha atau bisnis diharapkan menerapkan
suatu etika dalam perusahaannya. Jangan menganggap remeh suatu etika bisnis itu
karena etika tersebut sangat penting bagi kemajuan perusahaan itu sendiri.
Tanpa adanya suatu etika dalam bisnis mungkin perusahaan tidak akan bertahan
lama karena akan menghancurkan nama baik perusahaan itu sendiri.
Disarankan khusus bagi perusahaan Telkomsel jangan menjanjikan sesuatu yang belum terlaksana karena akan membuat para pelanggan menjadi tidak percaya lagi. Tindakan yang tidak etis, bagi perusahaan akan memancing tindakan balasan dari konsumen atau masyarakat dan akan sangat kontra produktif, tindakan ini bisa membuat kehilangan pelanggan Telkomsel dan takutnya berkembang ke operator lain. Maka hal ini termasuk kecurangan serius yang harus ditindaklanjuti.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar